Tuesday, September 27, 2016

Clash of Clans - Strategi Farming GiWallArLin TH7

Strategi Faming GiWallArLin TH7 (AZShare)
Strategi Farming GiWallArLin TH7

Oke, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai salah satu strategi untuk menyerang dalam bermain Clash of Clans. Dalam bermain clash of clans tentunya juga memerlukan strategi kan ? Nah kali ini saya akan membahas salah satu strategi farming / looting yaitu GiWallArLin (Susunan Troops) khusus untuk TH7 saja (Untuk TH4-6 dan 8 akan saya bahas di artikel selanjutnya).


AZShare - Apa itu GiWallArLin ?

          GiWallArLin merupakan singkatan dari Giant, Wall Breaker, Archer, Goblin. Strategi ini dapat digunakan untuk para looter yang ingin mengambil loot dalam (Gold / Elixir Storage) maupun loot luar (Gold Mine / Elixir Collector). Nah, karena loot dalam (Storage) biasa ditaruh pada satu titik, maka akan sangat menguntungkan bila strategi ini digunakan, karena ketika goblin agan sudah masuk area loot dalam (Storage) maka akan dipastikan kalo seluruh loot storage musuh dapat dikuras habis.

          Untuk kegunaan troops masing – masing yaitu, Giant sebagai Tankernya (Benteng / Pengalih perhatian defense musuh), Wall Breaker sebagai pembuka jalan Giant, Archer untuk membersihkan bangunan yg ada di pinggir – pinggir seperti Gold Mine/Elixir Collector, dll, sekaligus membantu giant dan goblin (Agar kedua pasukan tersebut dapat fokus ke target yang agan inginkan), dan yang terakhir goblin untuk meratakan loot yang ada di dalam maupun diluar (Bisa dipakai untuk mengambil storage loot / membantu archer meratakan loot collector yang ada di pinggir).


AZShare - Apa Keuntungan Memakai GiWallArLin ?

Keuntungannya cukup banyak, yaitu :
  • Biaya membuat pasukan (Train Troops) bisa dibilang sangat murah
  • Waktu yang digunakan untuk membuat pasukan juga cepat
  • Jumlah masing – masing pasukan bisa dibagi menjadi 4, maka akan sangat mudah dan efektif saat agan ingin membuat susunan pasukan tersebut di setiap barracks (4 Barracks)
  • Jaminan 1 atau 2 Bintang jika base musuh di bawah atau setara dengan base agan (Misal TH7 dengan TH7). Kecuali jika base yang ingin agan serang Max Defense (Misal TH7 normal defense melawan TH7 max defense). Namun jika agan sudah mahir menggunakan strategi ini, jaminan mendapat 1 Bintang pada Base lawan yang sudah Max Defense
  • Waktu yang digunakan untuk menyerang juga lumayan cepat (Tergantung pada Luasnya base lawan)
  • Tidak perlu menggunakan Troops – troops besar seperti Wizard, Healer, dll.
  • Sangat cocok saat barracks agan sudah diboost, karena kombinasi waktu yang digunakan akan sangat cepat. Tanpa diboost saja sudah cepat, apalagi kalau sudah diboost.


AZShare - Apa Kerugian Memakai GiWallArLin ?

Walau memiliki keuntungan yang cukup banyak, strategi ini juga menimbulkan beberapa kerugian. Salah satunya :
  • Striker yang mudah mati (Archer dan Goblin) akan merugikan jika sudah terkena mortar dan Wizard Tower. Jadi agan harus lebih hati – hati saat melepas kedua troops ini ke base musuh
  • Akan sulit bagi agan yang tidak bisa menyesuaikan penggunaan strategi ini. Namun jangan menyerah, karena kesuksesan diawali dengan kegagalan
  • Seluruh Troops masuk kedalam Tiers yang bisa dibilang cukup kecil (Tidak ada Wizard, Healer, dll.


AZShare - Minimum Requirements for GiWallArLin TH7

Minimum Requirements bisa digunakan bagi yang memiliki akun coc prematur dan jauh dari kata standar.
Untuk GiWallArLin TH7 memiliki Syarat Minimal masing – masing, yaitu :

Bangunan TH 7 :

Barrack : Level 8

(Kenapa harus .... ? kan .... dst. juga bisa !” Di tutorial ini saya memang menjelaskan strategi ini sekaligus membagikan tips saat memasak pasukan, jadi jika barracks yang digunakan diatas level .... , maka di saat agan memasak / train bisa langsung direct ke angka 200, jadi saat memasak / train pasukan, barracks bisa ditinggal kapanpun, dan saat kembali bisa langsung menyerang.

“Jadi Saya tidak bisa memakai strategi ini ?” Tenang, kalau misalnya Barracks tidak memenuhi syarat, agan bisa bisa memasak jika antrian sudah selesai. Namun tidak seefektif bagi yang barracksnya sudah memenuhi syarat).



Kapasitas Army Camp : 200

(“Kenapa harus 200 ? kan 175 dst. juga bisa !” Di Tutorial ini saya memang menjelaskan strategi ini sekaligus membagikan tips saat memasak pasukan, jadi jika kapasitas army camp 200, maka bisa dibagi menjadi 4 barracks, waktu memasak juga menjadi efektif, jumlah pasukan pun juga lumayan banyak.

“Jadi Saya tidak bisa memakai strategi ini ?” Tenang, kalau misalnya Army Camp tidak memenuhi syarat, agan bisa menyesuaikan jumlah pasukan masing – masing).



Troops TH 7 :

  • Giant                 :  Level 2
  • Wall Breaker     :  Level 2
  • Archer               :   Level 2
  • Goblin               :  Level 2
  • Barbarian King :  -
(Jika base yang prematurnya tidak keterlaluan, sebaiknya semua level pasukan diatas ada di level 3, karena jika Giant dan Wall Breaker level 2 dibawa ke medan perang, kedua pasukan tersebut akan mati lebih dulu sebelum Archer dan Goblin mengambil loot musuh, apalagi jika Archer dan Goblin masih level 2, kena bom kecil saja bisa langsung lenyap).



AZShare - Recommended Requirements for GiWallArLin TH7

Recommended Requirements yang saya maksud yaitu, syarat yang saya anjurkan / saya sarankan agar mendapat hasil yang memuaskan saat farming / looting. Karena saat menginginkan loot besar, biasanya terdapat di base – base yang sudah hampir max kan ? Maka dari itu juga diperlukan pasukan yang tangguh dan tidak mudah mati terhadap mortar dan wizard yang memiliki damage splash (Serangannya dapat mengenai lebih dari 1 pasukan).

Untuk GiWallArLin TH7 memiliki Recommended Requirements masing – masing, yaitu :

Bangunan TH 7 :

Barrack : Level 8 atau 9

(Untuk Barrack level 8 cocok digunakan bagi player yang baru naik TH dari TH6 ke TH7. Kapasitas Barrack level 8 juga cocok bagi player yang baru naik TH.

Untuk Barrack level 9 cocok digunakan bagi player yang sudah lama berdiam di TH7. Sebenarnya tidak ada bedanya dari Barrack level 8, namun karena player yang sudah lama berdiam di TH7, pastinya sudah punya naga kan ? hehe, maka dari itu, pastinya barracknya juga sudah di level 9).



Kapasitas Army Camp : 200

(Kapasitas Army Camp yang mencapai angka 200 merupakan jumlah yang sempurna di TH7, karena angka tersebut sudah dapat membawa pasukan yang cukup banyak untuk meratakan base musuh).


Troops TH7 :

  • Giant                 :  Level 4
  • Wall Breaker     :  Level 4
  • Archer               :  Level 4
  • Goblin               :  Level 4
  • Barbarian King :  Level 5
(Dengan max-nya (Max di TH7) semua pasukan diatas, maka akan sangat mudah untuk mengambil loot musuh. Dengan adanya Giant Level 4 yang kuat melawan Defense musuh walau defense juga max di TH7. Diikuti dengan Wall Breaker Level 4 yang dapat menghancurkan Tembok Level 7 dengan mudah. Lalu, Archer Level 4 yang memiliki damage lumayan banyak, dapat dengan cepat membersihkan bangunan – bangunan musuh sehingga dapat lebih cepat membantu giant dan goblin. Dan yang terakhir, Goblin Level 4 juga memiliki damage yang bisa dibilang cukup besar, sekaligus tidak mati terkena satu tembakan Mortar Level 5 (Mortar – Max TH7) (Di Level 4 kebawah terkena Mortar Level 5 langsung lenyap tak tersisa)

Untuk Barbarian King Level 5 juga memiliki damage dan HP / Health / Darah lebih besar dari Giant, apalagi Barbarian King di Level 5 sudah memiliki ability untuk mengeluarkan rage khusus untuk dirinya dan barbarian lain, cukup membantu kan ?).




AZShare - Rumus GiWallArLin TH7

Sebelum membahas mengenai cara menyerangnya, kita pasti harus tahu bagaimana rumusnya (Susunan Pasukan). Untuk GiWallArLin rumusnya cukup sederhana saja, apalagi di tutorial kali ini, saya juga mengajak para player COC untuk menggunakan barracknya seefektif mungkin. Maksudnya, dari pengalaman saya saat melihat para player COC sedang membuat pasukan, mereka cenderung memasak sesuai tujuan, namun pembagian jumlah pasukannya tidak merata dan akhirnya jumlah waktu keempat barrack jadi tidak seimbang. Ini akan membuat para looter menunggu lama untuk menyerang lagi. Nah maka dari itu, untuk tutorial kali ini saya harap untuk kedepannya para player COC bisa memanfaatkan barracknya seefektif mungkin.

Untuk tutorial kali ini, saya menggunakan 4 barracks yang masih aktif (tidak dalam keadaan upgrade / construction), namun bagi agan agan yang salah satu barracknya masih dalam proses pembangunan bisa menyesuaikan sesuai jumlah pasukan yang ada dibawah nanti. Namun, tentunya hasil waktu yang diperoleh (Cepat – Lambat Selesainya) tentu saja lebih memuaskan bagi yang barracknya dalam keadaan aktif semua.

Oke langsung saja ke Rumus / Susunan GiWallArLin.
AZShare - Rumus /  Susunan GiWallArLin TH7
Rumus /  Susunan GiWallArLin TH7

  • Giant             :  16
  • Wall Breaker :  4
  • Archer           :  56
  • Goblin           :  56

Untuk Rumus / Susunan Efektifnya :
  • Giant             :  4 x 4 Barracks
  • Wall Breaker :  1 x 4 Barracks
  • Archer           :  14 x 4 Barracks
  • Goblin           :  14 x 4 Barracks

Nahh, bagi yang barrack aktifnya hanya 3, saya juga memberikan rumus efektifnya :
Troop : Barrack 1 – Barrack 2 – Barrack 3
  • Giant             :  5 – 6 – 5
  • Wall Breaker :  2 – 1 – 1
  • Archer           :  14 – 14 – 14
  • Goblin           :  Sisanya – Sisanya – Sisanya

Keterangan :
Maksud dari Troop : Barrack 1 – Barrack 2 – Barrack 3 yaitu, Troop adalah nama pasukan dari susunan GiWallArLin, Barrack 1 yaitu Barrack urutan ke 1, begitu juga dengan Barrack 2 dan Barrack 3. Untuk Giant : 5 – 6 – 5 itu maksud saya Giant dimasak di Barrack 1 : 5 Giant, Barrack 2 : 6 Giant, dan Barrack 3 : 5 Giant. Mudah kan ?



AZShare - Cara Menyerang Memakai GiWallArLin

1.  Cari base yang sekiranya mempunyai loot banyak (Bagi yang baru menggunakan strategi ini, bisa mencoba dengan menyerang base yang dikira mudah untuk diserang, jangan langsung mengincar base tangguh).
AZShare - Tahap 1 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 1


2.  Lepaskan 3 Archer (1 per 1) atau 1 Giant (Recommended) di dalam jangkauan Clan Castle, gunanya untuk mengecek isi clan castle musuh. Akan berakibat fatal jika di dalamnya berisi Wizard level max namun kita belum mengecek isi clan castlenya. Jika di dalamnya berisi beberapa pasukan musuh, agan bisa memancingnya ke pojokan dan membasminya.
AZShare - Tahap 2 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 2


3.  Jika masalah isi clan castle musuh sudah selesai, Tinggalkan 2 Archer di masing – masing pojok layout musuh. Gunanya untuk mengurangi durasi penyerangan. Bangunan yang biasa ditaruh di pojok salah satunya builder hut.
AZShare - Tahap 3 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 3


4.  Setelah melepaskan beberapa archer di pojok layout base musuh, keluarkan 1 Giant terlebih dahulu (untuk mengecek jebakan yang dipasang musuh), lalu selang waktu 1,5 detik, keluarkan seluruh Giant pada 1 titik yang tadi (Giant sebelumnya). Untuk mengeluarkan Giant, saran saya keluarkan pada titik yang dekat dengan Wizard Tower.
AZShare - Tahap 4 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 4


5.  Keluarkan seluruh Archer dari arah Giant tadi menyerang, misal saya mengeluarkan Giant dari arah Kiri Bawah, maka saya akan menyebarkan seluruh Archer saya dari arah Kiri Bawah. Untuk melepaskannya, Archer tersebut jangan dikumpulkan pada 1 titik, karena akan sangat gawat jika terkena Giant Bom / Mortar, maka dari itu seluruh Archer harus disebar, bukan dikumpulkan pada 1 titik. Jangan lupa untuk melepaskan beberapa goblin agan (Setidaknya ada 8 atau 10 goblin), gunanya untuk membantu Archer dalam menyapu / membersihkan bangunan yang ada di sekeliling base.

6.  Jika HP/ Health Giant sudah mencapai ¼ atau ½, segera lepaskan Spell Healing (Spell warna kuning) pada Giant (Ini biasa terjadi jika Giant terkena Giant Bom). Namun, perlu diingat lagi, KELUARKAN SPELL HEALING SAAT KEADAAN DARURAT SAJA. Jika HP/Health Giant masih di atas ½ HP Fullnya, jangan langsung mengeluarkan Spellnya.

AZShare - Tahap 5 dan 6 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 5 dan 6


7.  Jika tembok terluar base musuh sudah diterobos Giant, keluarkan seluruh Wall Breaker dari arah yang sama dengan keluarnya Giant tadi. Akan tetapi, saat mengeluarkan Wall Breaker, usahakan agan menempatkannya pada posisi yang pas, supaya Wall Breaker tadi tidak berbelok ke kanan maupun kiri. Untuk mengeluarkannya pun harus hati – hati, sebab agan harus memanfaatkan jeda dari waktu keluarnya bom dari Mortar. Saat mengeluarkan Wall Breaker, di waktu yang bersamaan, lepaskan Barbarian King untuk tanker kedua untuk Wall Breaker.
AZShare - Tahap 7 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 7


8.  Jika keadaan sudah agak aman, keluarkan beberapa goblin lagi untuk mempercepat penghancuran bangunan lawan di kanan dan kiri base. Jeda waktu 2 atau 3 detik, keluarkan seluruh goblin pada satu titik di mana Giant dan Wall Breaker tadi dilepaskan.
AZShare - Tahap 8 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 8


9.  Jika goblin sudah hampir sampai di tengah base lawan (rata – rata Town Hall dan Loot Storage musuh biasa ditaruh di tengah base), keluarkan Spell Healing dan Spell Rage di tengah base musuh.
AZShare - Tahap 9 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 9


10.  Tunggulah hasilnya.
AZShare - Tahap 10 Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Tahap 10


11.  Untuk tutorial kali ini, kebetulan saya hanya mendapat 63% dan loot seperti gambar di bawah ini.
AZShare - Hasil Tutorial Dalam Menyerang Memakai GiWallArLin
Hasil



Oke, walau agan gagal dalam percobaan pertama, jangan menyerah terlebih dahulu, siapa tahu dalam percobaan menyerang ke-2 agan bisa lebih baik dan mendapat loot di atas 200k atau 300k lebih.
Sekian artikel dari Admin, and Thanks For Reading !!!



Terima Kasih Telah Membaca

Load comments