Thursday, March 24, 2016

Cara Jitu Menghapus Virus Shortcut Bandel di Flashdisk

Cara Jitu Menghapus Virus Shortcut Bandel di Flashdisk
Cara Jitu Menghapus Virus Shortcut Bandel di Flashdisk

[24/03/2016] Kali ini saya akan membahas beberapa tips untuk menghapus virus shortcut yang biasa terdapat di Flashdisk. Siapa sih yang tidak resah jika flashdisknya ketempelan virus ? apalagi virus tersebut menyembunyikan data data kita !! Nah dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tips jitu untuk membasmi virus tersebut.

PENGALAMAN

Menurut pengalaman saya, dulu pernah menemui virus ini, berbentuk shortcut bernama flashdisk saya lengkap dengan ukuran flashdisk tersebut. Berikut penampakannya :

Screenshot Nama Virus
Virus - 01

Nah yang saya beri kotak merah itu ialah contoh bahwa nama virus shortcut tersebut sama dengan mama flashdisk saya.

Shortcut tersebut sebenarnya juga menyembunyikan semua file dari flashdisk kita. Cukup meresahkan bukan ? walau sebenarnya jika dilihat lihat, virus tersebut tidak terlalu bahaya, namun jika tidak ditangani secara langsung, ya bakalan menyebar.

Bagaimana jika kita membuka shortcut tersebut ? kan di dalam shortcutnya ada file yang harus kita selamatkan terlebih dahulu. Jawabnya ialah JANGAN. Menurut pendapat teman saya, dengan mengklik shortcut tersebut, Agan sama aja dengan menyebarkan virus tersebut ke komputer agan. Dan alhasil, setiap flashdisk yang tertancap di komputer agan akan terinfeksi virus juga.

Dari pengetes an saya lewat 3 FD (Flashdsik) saya yang tidak terkena virus, saat ditancapkan ke komputer yang terinfeksi virus, FD otomatis langsung terinfeksi juga.

Nah bagaimana sih cara untuk menghilangkan virus tersebut ??

Cara Ke - 1 : Scan Lewat SMADAV

Smadav
Smadav

Nah, antivirus ini cukup terkenal juga, pastinya mungkin agan juga punya antivirus ini di komputer / laptop agan.

Usahakan versi Smadav di komputer agan, udah terupdate / terbaru.

Lakukan scanning di flashdisk (jika yang terinfeksi hanya flashdisknya).
Lakukan scanning di seluruh drive laptop, termasuk flashdisk juga.

Tunggu sampai proses scanning selesai.

Jika semua virus telah terdeteksi, bersihkan virus tersebut.

Cara Ke - 2 : UsbFix

UsbFix
UsbFix

Okee, kali ini saya akan membahas cara yang paling jitu menurut saya dalam membasmi virus tersebut. Yap, dengan UsbFix. Software ini pernah saya pakai untuk membasmi virus shortcut yang ada pada laptop saya. Cukup ampuh dan berukuran kecil, membuat saya cukup nyaman dalam memakainya.

Jika di PC anda tidak terdapat / belum mempunyai software ini, anda bisa searching di google (ada banyak) atau bisa langsung ke blog sebelah : Download UsbFix

Cukup dengan melakukan Clean, Flashdisk dan PC anda langsung terbebas dari segala virus shortcut yang membandel.

Keunggulan dari menggunakan ini sih, dari pengalaman saya, semua file di flashdisk anda yang disembunyikan virus tersebut akan muncul kembali.
PC anda juga terbebas dari serangan infeksi virus shortcut tersebut.



Thanks For Reading (Azure Share)

Load comments